Penerapan Teknologi Informasi Pada Sektor Pertanian di Era Society 5.0


Wednesday, 03 May 2023 , Admin

Penerapan Teknologi Informasi Pada Sektor Pertanian di Era Society 5.0

Perkembangan zaman yang begitu pesat saat ini membuat dunia semakin maju dan tidak berjalan di tempat. Pandemi covid-19 yang telah berlalu membawa banyak dampak dan hikmah yang dapat dipetik. Pandemi yang hampir menyerang seluruh dunia ini membuat masyarakat mengembangkan daya pikir serta memunculkan berbagai macam ide dan strategi baru. Saat ini perkembangan teknologi merupakan salah satu yang paling berperan besar dalam upaya membantu penduduk dalam upaya memasarkan hasil-hasil pertanian. Dengan adanya teknologi informasi yang dapat membantu sektor pertanian menyuplai hasil panennya ke berbagai macam negara dan diolah sedemikian rupa di era society 5.0, dimana di era ini penggunaan teknologi sangat membantu begitu besar dalam pemanfaatan teknologi informasi ini.

Era society 5.0 merupakan era dimana masyarakat mampu menyelesaikan berbagai macam tantangan dan permasalahan yang terjadi dengan memanfaatkan inovasi yang sebelumnya tercipta di revolusi industry 4.0 . Hal ini kemudian menjadikan sektor pertanian memerlukan sebuah alat yang membantu mereka dalam upaya menyejahterakan petani dengan cara pemasaran melalui penyebaran informasi, pola manajemen yang digunakan, serta analasis data yang diperlukan guna mengamati pangsa pasar yang berpeluang. Teknologi informasi memberikan pembelajaran berbasis internet serta multimedia yang dapat membantu dalam peningkatan kemampuan para penyuluh pertanian dan para petani. Penyebaran informasi yang paling mendasar sendiri yaitu dengan menggunakan teknologi seperti SMS, internet, sosial media, dan lain sebagainya. 

Pola penerapan teknologi informasi pada sektor pertanian ini tidak semata-mata membantu para petani melakukan komunikasi dengan konsumen maupun para pemborong. Penerapan teknologi informasi dapat membantu para petani dalam penganalisaan keadaan suatu lahan atau tanah sebagai wadah bertani. Dengan adanya teknologi informasi ini dapat membantu seberapa besar potensi tanah dalam pengelolaan lahan tani. Misalnya bagian mana daerah lahan pemetaan yang kemungkinan besar dapat mengalami potensi bencana, melihat lahan yang cocok dan tidak berpotensi menghadirkan hama dan penyakit yang dapat merugikan para petani, serta mengetahui lokasi petanya dengan berbasi GIS (Geographic Information System). Dengan adanya teknologi informasi juga membantu para produsen untuk memasarkan produknya. Pemasaran ini tidak hanya di daerah setempat saja tetapi dapat di ekspor ke luar negeri agar memiliki keuntungan yang lebih besar lagi. Pemasaran ini dapat diolah melalui web  yang berbasis online. 

Tidak hanya terkait penentuan lahan dan proses pemasaran tetapi dengan adanya teknologi informasi ini dapat membantu para petani dalam proses manajemen pendistribusian hasil-hasil pertanian, dengan kata lain kita dapat mengetahui bagaimana informasi hasil pasar yang terjadi dengan mudah. Teknologi informasi ini juga dapat membantu dalam pengordinasian dengan pemerintah pertanian yang terlibat dalam penyuplaian hasil-hasil pertanian produsen. Pengordinasian ini dapat dilakukan melaui email, SMS maupun sistem kordinasi yang dapat membantu mempermudah pekerjaan kedua belah pihak. 

Selanjutnya teknologi penginformasian ini dapat dibuat sebuah sistem pola pembelajaran terkait pertanian untuk masyarakat yang ingin mengetahui terkait pertanian lebih jauh. Tentunya dengan adanya sistem ini membuat masyarakat dapat lebih mudah belajar baik itu secara mandiri maupun secara kelompok. Adapun bentuk media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu web base learing , atau CD Interakif. Dalam tekngologi pengirmasian berbagi data perlu menggunakan web service yang dapat diakses oleh sistem lain. Dengan banyaknya unsur-unsur yang terlibat dalam sistem maka data tersebut juga tentu akan diberikan kepada mereka yang terlibat. Dengan adanya data hasil sharing yang terjadi dapat membantu mempermudah para petani, masyarakat, pengusaha, pemerintah secara menyeluruh.

Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknologi informasi pada sektor pertanian ini sangat berpengaruh dan membantu para petani memasarkan dan menganalisis kejadian-kejadian kedepannya serta masyarakat untuk menikmati hasil-hasil pertanian dari berbagai macam daerah terlebih saat ini perkembangan zaman yang membuat dunia mengalami perkembangan teknologi yang begitu pesat ditengah-tengah lahan tani yang kian menyempit. 

 

Karya : Aulia Putri Zubair

Email : [email protected]

Editor : Andi Ikhwan T. La Temmu Page