Rusaknya Lingkungan di Indonesia Akibat Sampah Plastik


Thursday, 16 September 2021 , Admin

Rusaknya Lingkungan di Indonesia Akibat Sampah Plastik

TUGAS ESSAY KELAS ADVOKASI BATCH 2

OLEH

Srimeliani

Sampah merupakan sebuah permasalahan yang terdengar biasa di kalangan masyarakat bahkan ini sudah menjadi masalah di seluruh dunia. Hampir seluruh sudut dunia memiliki permasalahan menganai sampah, dimana setiap harinya timbunan sampah terus meningkat. Namun, sampah ini sangat sulit terurai. Hal seperti ini sangat perlu di perhatikan kerena dapat berdampak buruk dengan keadaan lingkungan sekitar. Oleh karena hal tersebut banyak negara yang mulai berlomba-lomba dalam melakukan program untuk menaggulangi sampah agar permasalahan ini bisa di minimalisir.

Di negara kita sendiri ini sampah merupakan permasalahan yang sampai saat ini tak kunjung terselesaian. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah, namun masi saja permasalah ini tidak kunjung terselesaikan di akibatkan kurangnya kesadaran dalam diri masyarakat.  Misalnya banyak hal yang dirusak akibat sampah plastik.

Bahaya utama dari sampah plastik terhadap lingkungan adalah karena bahan ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terurai. Selain itu,  akan terdapat zat beracun yang di lepaskan sampah plastik ke dalam tanah apabila dia rusak di bawah sinar matahari.

Yang pertama, banyaknya sampah plastik yang di buang kealiran-aliran air di indonesia menyebabkan rusaknya ekosistem air, hal itu yang menyebabkan air sungai tercemar,bahkan membuat aliran sungai tersumbat dan lama kelamaan menjadi banjir. Dan bahkan sampah sampai bermuara ke lautan yang menyebabkan biota-biota laut menjadi rusak. Seperti yang kita lihat banyak terumbuh karang yang mati dan tumbuh tidak sempurna akibat sampah plastik.

Yang kedua, pembahakaran sampah plastik dan pembuatannya dapat mencemar lingkungan karena produksi karbon yang berlebihan. Ini dapat menganggu kelestarian makhluk hidup yang ada di muka bumi khususnya bagi makhluk hidup yng menghitup udara.

Yang ketiga, dalam mengkonsumsi makanan yang mengunakan bahan plastik sebagai pembungkunya dapat merusak manusia dengan memicu timbulnya kangker.

Dan yang paling mirisnya lagi, di negara kita ini  setiap tahunnya  tahunnya terdapat 67,2 juta ton sampah yang menumpuk. Seperti diketahui, saat ini di indonesia diperkirakan sebanyak 85.000 ton sampah di hasilakan perharinya. Dampak sampah plastik ini sangatlah buruk karena zat yang dikandungnya dapat merusak semua hal yang ada di lingkungan.

Dari pembahasan di atas dapat di simpulkan bahwa sampah merupakan masalah besar yang sangat sulit untuk di hilangkan ataupun di selesaikan.  Dimana dampak sampah plastik ini sangatlah buruk dia dapat merusak lingkungan dan menyebabkan kehancuran negeri apabila terus di biarkan. Untuk itu harus dilakukan berbagai pengupayaan dalam penyelesaian permaslahan ini.

Untuk meminimalisir sampah yang ada di Indonesia di perlukan cara agar menyadarkan masyarakat indonesia iu sendiri bahwa sampah plastik merupakan sampah yang dapat merusak lingkungan. Untuk itu di perlukan kesadaran untuk mengurangi dan tidak memproduksi plastik karena ini hanya kan berdampak sangan buruk dengan manusia nantinya.

Banyak upaya yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir sampah plastik yaitu menggunakan bahan bahan organik. Dengan menghindari penggunaan plastik dalam sampah rumah tangga.  Dan juga bisa dengan cara memanfaatkan sampah plastik dengan daur ulang. Namun, yang paling di harapkan perannya di sini adalah pemerintah bagaimana cara mereka menyedarkan masyarakat dalam pengelolahan sampah plastik dan pemerintah di dorong untuk memperhatikan semua aspek agar lingkungan tidak mengalami kerusakan secara terus menerus. Atau dengan kata lain permasalahan bisa di minimalisir karena adanya dorongan darai pemerintah sekitar. Misalnya dengan mengadakan program-profram kerja yang bertemakan cinta lingkungan tampa sampah plastik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

Dicky Pratama Cahya.2020.Permasalahan lingkungan di indonesia.http://www.kompas.com/skola/read/2020/12/25/185121969/permaslahan-lingkungan-di-indonesia.diakses 9 september 2021.

Sanusi.2021.alert! setiap tahun ada 67 juta ton sampah plastik.http://www.tribunnews.com/nasional/2021/07/02/alert-setiap-tahun-ada-67-juta-ton-sampah-pastik.diakses 8 september 2021.