Modernism


Wednesday, 18 September 2019 , Admin

Modernism

Sumber Foto: Dictio.id/Oleh: Nurul Tahani A.

Secara etimimologi, modernisme terbagi menjadi dua, yakni modern (sesuatu yang baru) dan isme (pemahaman) secara terminologi, modernisme adalah suatu paham untuk membuat sesuatu yang baru dengan teknologi di  ilmu pengetahuan.

Modernisme adalah sebuah kecenderungan berpikir yang menyatakan bahwa manusia memiliki kekuatan untuk membuat, meningkatkan, dan membentuk kembali lingkungan dengan bantuan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan percobaan praktis. Modernisme merupakan serangkaian pergerakan kebudayaan yang mengakari perubahan di masyarakat barat pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 yang terbentuk oleh urbanisasi dan industrialisasi dari masyarakat barat. Istilah modernisme mencakup serangkaian pergerakan perubahan di bidang seni, arstektur, musik, literatur, dan seni-seni terapan terciptanya modernisme karena ada masa yang memjadi sorot utama.

Tokoh-tokoh penting dalam modernisme yaitu :

Rene Descartes : Descartes, kadang dipanggil "Penemu Filsafat Modern" dan "Bapak Matematika Modern", adalah salah satu pemikir paling penting dan berpengaruh dalam sejarah barat modern. Dia menginspirasi generasi filsuf kontemporer dan setelahnya, membawa mereka untuk membentuk apa yang sekarang kita kenal sebagai rasionalisme kontinental, sebuah posisi filosofikal pada Eropa abad ke-17 dan 18.

#Pengkajian