LATIHAN KEPEMIMPINAN DAN KEPROFESIAN MISEKTA (LK2M) XV


Saturday, 02 February 2019 , Admin

LATIHAN KEPEMIMPINAN DAN KEPROFESIAN MISEKTA (LK2M) XV

Tema yang diangkat dalam Latihan Kepemimpinan dan Keprofesian MISEKTA XV adalah “Reinterpretasi Homodigitalis dalam Memapak Platform Industri 4.0” secara umum dapat diartikan sebagai pandangan manusia diera digital dalam menyambut dan menghadapi revolusi industri 4.0 yang kini sedang menjadi perbincangan hangat. Tema ini dianggap krusial untuk diangkat mengingat saat ini perkembangan teknologi tidak bisa terlepas dari keseharian mahasiswa sehingga dirasa perlu untuk membekali peserta dengan materi-materi tentang industri 4.0 dan kaitannya dengan pertanian dengan harapan peserta dapat menyikapi secara positif masuknya era industri 4.0 di Indonesia dalam profesinya sebagai Mahasiswa
Sosial Ekonomi Pertanian.
Tujuan dari kegiatan ini yaitu Mengembangkan pola pikir, menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan pengetahuan atau keprofesian MISEKTA.

 

Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 06 November 2018 sampai tanggal 20 Desember 2018. Pelaksanaan kegiatan ini ditentukan dengan kepakatan bersama dan jadwal yang sesuai dengan kegiatan peserta. Kegiatan ini dibagi menjadi

3 rangkaian kegiatan. Kegiatan pertama yaitu pengumpulan yang dilaksanakan
mulai tanggal 06 November 2018 sampai tanggal 11 Desember 2018 bertempat
di Koridor L (antara PB 523 dan PB 524) dan  Bawah Koridor L, Pemilihan
tempat ini disesuaikan dengan jumlah peserta yang mencukupi dan kondusif
untuk kegiatan  pengumpulan.

Kegiatan kedua adalah kegiatan inti yang dilaksanakan pada tanggal  14 Desember 2018 sampai tanggal 16 Desember 2018 bertempat di Sinode GKSS. Kegiatan inti ini dilaksanakan pada waktu yang telah disepakati karena semua muatan pada saat pengumpulan telah tersampaikan, oleh karena itu pelaksanaan kegiatan ini sudah dapat dilakukan sedangkan tempat pelaksanaan kegiatan inti disepakati karena alasan keadaan lokasi yang dapat menampung jumlah peserta dan biaya yang sesuai dengan dana yang dimiliki.

 

Adapun hasil kegiatan dari LK2M XV yaitu sebagai berikut:

  • Berkembangnya pola pikir, sikap, dan perilaku peserta LK2M yang dapat dilihat dari hasil presentasi bedah buku dimana peserta mampu memahami buku masing – masing. Hal tersebut juga terlihat dari aktifitas Forum Group Discussion dan forum besar dimana peserta LK2M mengetahui secara dasar muatan setiap tema dari Forum Group Discussion dan aktif dalam forum besar (Dilengkapi dengan hasil rekapitulasi penilaian peserta). Selain itu, hasil dari Follow up juga memperlihatkan bahwa peserta dapat memahami dengan baik materi-materi yang diberikan kajian berlangsung.
  • Berkaitan dengan tema LK2M XV, Peserta dapat menggunakan media dengan baik seperti meupload hasil tulisan atau tugas digital di Blog masing-masing GB.
  • Terbentuknya jiwa kepemimpinan dan keprofesian peserta LK2M yang dapat dilihat dari jumlah peserta mencalonkan diri sebagai calon ketua panitia LK2M dan mampu mekritisi hal – hal yang tidak sesuai dengan pemahamannya.