SEJARAH PERTANIA DI INDONESIA


Tuesday, 09 August 2022 , Admin

SEJARAH PERTANIA DI INDONESIA

Sejarah Pertanian di Dunia

Berakhirnya zaman es sekitar 11.000 tahun sebelum Masehi (SM) menjadikan bumi lebih hangat dan mengalami musim kering yang lebih panjang. Kondisi ini menguntunkan bagi perkembangan tanaman semusim, yang dalam waktu relatif singkat memberikan hasil dan biji atau umbinya dapat disimpan sehingga kegiatan perburuan dan peramuan tidak perlu dilakukan setiap saat.

Pertanian pada zaman Romawi berkembang dengan berdasarkan praktik pertanian yang telah ditemukan oleh bangsa Sumeria yang ditransfer melalui tuntunan kebudayaan. Pertanian bangsa Romawi memiliki fokus utama sebagai perdagangan dan ekspor.

Sejarah Pertanian di Indonesia

Pada tahun 1918 berdiri balai penyelidikan pertanian (Agemeen Prosstation voor and Landblouw). Pada tahun 1949 berubah menjadi jawatan penyelidikan pertanian dan pada tahun 1952 berubah menjadi balai besar penyelidikan pertanian/General Agriculture Experiment Station.

#ERA ORDE BARU 

Berdirinya Departemen Koperasi secara khusus, untuk membantu golongan petani lemah di luar Jawa dan Bali untuk membangun usaha tani berskala lebih besar. Lahirnya UU No. 5/1960 tentang peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA) yaitu tanggal 24 september 1960. Kelahiran UUPA melalui proses panjang, memakan waktu 12 tahun.

#ERA REFORMASI

Departemen Pertanian kehilangan arah. Hal ini dikarenakan pudarnya pembangunan jangka panjang ke-6 yang menjadi ciri khas tahap orientasi pemerintahan orde lama. Pada era ini rakyat sudah kehilangan kepercayaan kepada pemerintahan, meski tidak semuanya, tapi mendominasi. Dan pada tahun 2010 penggunaan produk kimia sudah mulai dikurangi, dan pertanian organik mulai digalakkan di beberapa daerah.

 

By: Dini Nurhalipah

Editor: Rezky Anugrah